Inilah Pengertian Gaya Minimalis yang Perlu Kita Ketahui

Berbicara tentang konsep rumah minimalis atau rumah bergaya minimalis merupakan sebuah tren yang kini mulai dikagumi oleh banyak orang. Menurut kebanyakan orang pengertian Rumah Bergaya Minimalis pasti terbayang ke suatu konsep rumah yang kecil serta sederhana.

Konsep rumah dengan ukuran kecil dan sederhana ini memang dikenal sebagai bentuk dari rumah yang mengadopsi gaya minimalis. Selain itu bagi kebanyakan orang gaya minimalis lebih kepada konsep rumah atau bangunan yang mengacu pada bentuk interior dan arsitektur yang sederhana dan minimalis.

Inilah pengertian gaya minimalis yang perlu kita ketahui, pengertian bangunan bergaya minimalis
Rumah Gaya Minimalis 》Sumber gambar: ideaonline.co.id

Namun menurut arsitek Andra Matin gaya minimalis itu lebih kepada ditujukan untuk gaya hidup. Dan gaya minimalis  ini terinspirasi oleh seorang dari Negara Jepang yang bernama Zen.

Gaya Minimalis yang terinspirasi oleh Zen
    Gaya hidup yang minimalis terinspirasi oleh Zen meliputi beberapa hal diantaranya adalah sebagai berikut:

- Semakin sedikit benda yang kita gunakan atau miliki maka semakin tenangla hidup yang kita jalani
     Pengertian Gaya Minimalis ini ditekankan pada jumlah dari benda yang kita pakai. Jadi semakin sedikit benda yang dimiliki maka semakin minimalis.

- Desain minimalis memiliki ciri kombinasi warna yang sangat sedikit
     Pengertian Gaya Minimalis ini mengacu pada pemakaian kombinasi warna dari interior ataupun exterior suatu bangunan. Kombinasi warna yang digunakan pada bangunan minimalis memiliki lebih sedikit warnanya.

- Pada penataan interior seminimal mungkin menggunakan furnitur
    Pengertian Gaya Minimalis berikutnya lebih kepada penggunaan furnitur di dalam ruangan interior. Furniture yang dipergunakan sebisa mungkin jangan berlebihan. Jadi pastikan peralatan furnitur yang digunakan benar-benar sesuai kebutuhan.

- Pada Ruangan keluarga juga terdapat sedikit perabotan seperti kursi ataupun sofa
     Pada ruangan keluarga yang bergaya minimalis memiliki kursi ataupun sofa yang sedikit karena untuk menghindari semakin sempitnya ruangan yang ada.

- Pada Kamar Tidur hanya menggunakan futon
   Futon ini merupakan jenis selimut ataupun tikar yang bisa digulung apabila tidak dipakai sehingga ruangan kamar tidur dapat digunakan untuk keperluan lainnya.

Inti gaya minimalis ini adalah tentang bagaimana menentukan gaya hidup yang mempertimbangkan jumlah barang yang digunakan seminimal mungkin.

Seperti kata Andra Matin juga berpendapat bahwa 
"Kalau gaya hidupnya tidak minimalis, pasti tidak akan nyaman dengan gaya minimalis. Jadi, jangan asal minimalis, sesuaikan juga dengan gaya hidup kita" (Ideaonline/Annisa Q. Aini)

Jadi melihat dari berbagai pendapat diatas maka dapat disimpulkan bahwa pengertian Gaya Minimalis ini lebih kepada sikap gaya hidup yang minimalis yang disesuaikan dengan konsep bangunan.



Referensi:

http://bali.tribunnews.com/2017/01/14/awas-salah-kaprah-inilah-arti-gaya-minimalis-yang-sebenarnya?page=2

Baca juga


0 Response to "Inilah Pengertian Gaya Minimalis yang Perlu Kita Ketahui"

Post a Comment