Cara Ampuh Membuat Meta Tag SEO Friendly

Cara membuat tambahan Meta Tag di suatu bisa dikatakan mudah-mudah susah. Karena memang untuk pembuatan Meta Tag kita harus mengetahui tentang Meta Tag itu sendiri. Apabila kita sudah mengetahui apa itu Meta Tag, maka kita juga akan mengetahui juga fungsi dari Meta Tag dan pada akhirnya kita tahu mengapa Meta Tag ini harus kita pasang di dalam Blog.

Cara membuat meta tag seo friendly, cara memasang meta tag

Untuk sebagai pembukaan sebelum membahas tentang bagaimana cara untuk membuat Meta Tag yang SEO Friendly?

Maka kita harus belajar untuk memahami apa itu Meta Tag?

Pengertian Meta Tag
    Meta Tag adalah sebuah Tag yang dapat kita tambahkan ke dalam sebuah situs untuk membantu robot mesin pencari dan aplikasi web lain tentang apa isi halaman tertentu serta info-info lainnya. Jadi bisa dikatakan bahwa Meta Tag ini mencakup beberapa hal seperti halaman judul, deskripsi, konten, bahasa dan lain-lain.

Dengan Meta Tag ini kita bisa memaksimalkan lalu lintas di dalam halaman website atau blog untuk lebih mudah terindek oleh mesin pencarian.

Setelah kita mengetahui definisi atau pengertian dari Meta Tag, maka lanjut ke pembahasan selanjutnya yaitu tentang cara membuat Meta Tag yang SEO Friendly yang nantinya bisa kita aplikasikan di dalam blog kita.

Cara Ampuh Membuat Meta Tah SEO Friendly
   Untuk bisa memaksimalkan pencarian dari mesin Google terhadap halaman blog kita maka kita bisa memanfaatkan fungsi dari Meta Tag ini. Namun untuk pemasangan dari Meta Tag ini juga terdapat kelebihan dan kelemahannya. Untuk itu kita harus mengetahui kedua hal tersebut.

Contoh Kode Meta Tag SEO Friendly
    Berikut adalah kode Meta Tag SEO Friendly yang dapat kalian pakai di dalam blog kalian untuk membantu memaksimalkan pencarian dari mesin Google.

<title>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<data:blog.title/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>
</title>
<meta content='Masukkan deksipsi blog anda, panjang maksimal adalah 156 karakter dan jangan lebih'/>
<meta content='Masukkan keyword anda, contoh keyword, belajar seo blogspot' name='KEYWORDS'/> <meta http-equiv='Content-Type' content='Type=text/html; charset=utf-8'/>
<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>
<meta name="language" content="id" />
<meta content='Tips Belajar SEO dan bisnis online dari pakar seo' name='subject'/>
<meta content='Belajar SEO' name='Author'/>
<meta content='all' name='audience'/>
<meta content='general' name='rating'/>

<meta http-equiv='refresh' content='10'/>
<meta name="revisit-after" content="1 days"/>

Setelah kita mengetahui contoh dari Kode Meta Tag diatas maka pembahasan selanjutnya memgupas tentang bagian-bagian yang di dalam kode Meta Tag tersebut.

   Title Tag ini bukanlah sebuah Meta Tag, akan tetapi karena posisi dari Title Tag yang bersamaan dengan Meta Tag lainnya. Untuk itu Title Tag juga akan dibahas tentang Kodenya.

Berikut Kode Title Tag yang ada di Meta Tag SEO Friendly

<title>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<data:blog.title/>
<b:else/>
<data:blog.pageName/>
</b:if>
</title>

Mesin pencari akan menggunakan Kode Title Tag ini untyk mengetahui penekanan kata kunci yang kita incar di halaman blog milik kita. Untuk itu pada Title Tag ini sebisa mungkin untuk menuliskan sebanyak 70 karakter.

2. Meta Description
   Langkah selanjutnya untuk bisa memaksimalkan cara pembuatan Meta Tag yang SEO Friendly adalah dengan menambahkan Meta Description. 

Berikut Kode Meta Description yang ada di Meta Tag SEO Friendly

<meta content='Masukkan deksipsi blog anda, panjang maksimal adalah 156 karakter dan jangan lebih'/>

Penambahan Meta Description ini ada beberapa batasan yang diperhatikan diantaranya:

- Maksimal penulisan Meta Description sebanyak 156 karakter dan jangan sampai lebih dari itu
- Jangan melakukan penumpukan kata kunci di dalam Meta Description

Kedua point diatas merupakan batasan yang harus diperhatikan ketika membuat Meta Description yang SEO Friendly. Dan apabila kita mengabaikannya maka siap-siap saja Meta Description yang kita buat akan diabaikan oleh mesin pencarian Google.

3. Meta Keyword
  Cara membuat Meta Tag berikutnya yang SEO Friendly adalah dengan menambahkan Meta Keyword di dalam blog. Meta Keyword ini berfungsi untuk memberitahu kata kunci kepada Google.

Berikut Kode Meta Description yang ada di Meta Tag SEO Friendly

<meta content='Masukkan keyword anda, contoh keyword, belajar seo blogspot' name='KEYWORDS'/>

Penambahan Meta Keyword pada Meta Tag SEO Friendly sebenarnya tidak perlu dilakukan apabila kita sudah memberi alt Tag Image dengan kata kunci yang kita bidik. Karena dengan melakukan hal tersebut kata kunci yang kita maksud sudah bisa ditangkap oleh mesin pencarian Google.

Sedangkan apabila kita memasang Meta Keyword ini sebisa mungkin hindari untuk mengulangi beberapa kata lebih dari dua kali pengulangan.

4. Meta Tag Gro Placename
   Meta Tag Gro Placename ini berfungsi untuk memberitahukan asal dari negara blog yang kita buat,

Berikut Kode Meta Tag Gro Palcename yang ada di Meta Tag SEO Friendly

<meta content='Indonesia' name='geo.placename'/>

Untuk bisa mengganti asal dari blog anda maka kalian bisa merubah nama negara "Indonesia" diatas dengan nama negara yang ingin dijadikan asal dari blog yang kalian buat.

   Meta Tag berikutnya adalah Meta Language. Meta Tag ini berfungsi untuk memberigahukan bahasa apa yang kita gunakan untuk menulis kepada Google. 

Berikut Kode Meta Language yang ada di Meta Tag SEO Friendly

<meta name="language" content="id" />

Meta Language ini tidak akan berpengaruh terhadap peringkat Blog di mesin pencarian Google karena Meta Tag ini hanya berfungsi untuk pengenalan bahasa penulisan terhadap Google.

6. Meta Refresh
   Meta Refresh ini berfungsi untuk meningkatkan pageviews blog. Namun pemasangan Meta Tag sangat tidak dianjurkan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Berikut Kode Meta Refdesh yang ada di Meta Tag SEO Friendly

<meta http-equiv='refresh' content='10'/>

Penggunaan Meta Refresh ini perlu diwaspadai karena akan berdampak pada status blog yang kita buat. Bagi pihak Google pemasangan Meta Tag seperti ini akan dianggap Spam.

Selain itu Meta Tag ini juga akan menggangu pengunjung Blog kita karena secara otomatis blog akan melakukan refresh halaman dalam beberapa waktu yang telah ditentukan.

7. Meta Tag Revisit After
 Untuk Meta Tag berikutnya yang SEO Friendly adalah dengan menambahkan Meta Tag Revisit After. Meta Tag ini berfungsi untuk mengatur tingkat perayapan oleh mesin pencarian Google terhadap situs kita.

Berikut Kode Meta Tag Revisit After yang ada di Meta Tag SEO Friendly

<meta name="revisit-after" content="1 days"/>

Namun untuk saat ini Meta Tag ini sudah tidak diperhatikan oleh pihak Google karena pihak Google sudah menentukan secara otomatis tingkat perayapan terhadap blog kita.

Dari sekian banyaknya alternatif dari Meta Tag yang ada setidaknya bisa membantu kita untuk lebih bisa memaksimalkan Meta Tag yang SEO Friendly untuk blog kita. Dan nantinya kita bisa memilih Meta Tag mana yang seharusnya dimaksimalkan dan mana yang tidak.

Semoga artikel tentang Cara membuat Meta Tag SEO Friendly ini bisa membantu robot mesin pencari untuk mengenali situs web yang kita buat.



Referensi:
http://www.seoterpadu.com/2013/07/cara-membuat-meta-tag-seo-friendly.html

Baca juga


0 Response to "Cara Ampuh Membuat Meta Tag SEO Friendly"

Post a Comment